FORD FIESTA ECOBOOST
FITUR
& KELEBIHAN
FIESTA ECOBOOST 1.0L
APA ITU ECOBOOST?
Pengguna mesin bensin tradisional berpikir
jika ukuran mesin setara dengan kekuatannya. Hal inilah yang membuat
teknologi mesin Ecoboost dari FORD berhasil membuat kagum orang-orang yang
skeptis. Dengan ukuran yang lebih kecil, mesin ini sangat irit bahan bakar,
di saat yang bersamaan, tenaga yang dikeluarkan lebih besar dari mesin yang
berukuran lebih besar.
Kombinasi
dari direct fuel injection dan turbocharging tidak lain adalah kunci dari
efisiensi bahan bakar dan tenaga besar yang dimiliki mesin kecil EcoBoost.
Twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT) melengkapi gambarannya. Mesin
EcoBoost dapat mengurangi penggunaan bahan bakar hingga 20% dan membantu
mengurangi emisi CO2.
Setiap
tetes bahan bakar yang dibakar oleh proses injeksi dengan tekanan tinggi,
sesuai dengan jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran di setiap
silinder mesin. Sistem kontrol elektronik membedakan waktu dan intensitas
dari masing-masing injeksi agar sesuai dengan kondisi operasi mesin. Hal ini
dapat mengembangkan efisiensi bahan bakar dan membantu mengurangi ‘ketukan’
mesin untuk kinerja yang lebih halus.
Fast-rotating
balance shaft tradisional digunakan untuk mengurangi getaran agar kinerja
lebih baik namun menyebabkan penambahan beban, biaya dan penggunaan bahan
bakar yang berlebihan. Oleh karena itu, kami tidak menggunakannya lagi di
mesin 1.0L EcoBoost. Sebaliknya, kami sengaja tidak menyeimbangkan flywheel
dan katrol depan dengan cara menggabungkan gerakan piston untuk mengurangi
getaran agar kinerja lebih baik.
Maka
dari itu dengan 3 silinder, masing-masing silinder berukuran kaleng soft
drink, mesin 1.0L EcoBoost dapat memberikan tenaga yang sama dengan mesin
2.0L 15 tahun yang lalu namun lebih irit bahan bakar.
|
|
TURBOCHARGING ADALAH KUNCINYA!
Turbocharging
menggunakan gas buang mesin, yang tak terpakai akan dibuang, untuk mendorong
lebih banyak udara ke dalam mesin. Semakin banyak udara di ruang pembakaran,
semakin banyak tenaga yang Anda dapatkan.
Bersama
dengan variable cam timing, torsi tinggi dapat dihasilkan pada saat rev range
(rpm) rendah dan mempertahankan tenaga tertinggi di semua jangkauan. Saat
dipercepat, Anda akan segera mendapatkan tenaga responsif.
Udara
dingin akan masuk ke katup bersamaan dengan udara panas yang keluar dari
katup, sehingga semakin banyak udara dingin yang mengalir melalui ruang
pembakaran, akan membantu terbentuknya torsi di dalam mesin. Tambahan udara
juga akan membuat turbin turbocharger bekerja lebih cepat sehingga mesin akan
bekerja sangat cepat, dan hampir menghilangkan ‘turbo lag’.
Tahukah
anda bahwa “Formula Ford”, mobil balap street-legal, dengan mesin khusus 1.0L
EcoBoost telah mencatat rekor waktu tercepat untuk ke 11 kalinya di sirkuit
legendaris Jerman Nurburgring. Dengan waktu yang sangat mengesankan 7’22’’
mengalahkan mobil lain seperti Lamborghini Aventador dan Ferrari Enzo.
|
|
SPESIFIKASI TEKNIS FORD FIESTA ECOBOOST
ENGINE SPESIFICATION
|
||
ENGINE
|
Ecoboost 1.0L MT
|
Ecoboost 1.0L AT
|
Type
|
Duratec, 3
Cylinder DOHC
|
Duratec, 3
Cylinder DOHC
|
Displacement (cc)
|
998
|
998
|
Bore x Stroke (mm x mm)
|
71.9 x 81.9
|
71.9 x 81.9
|
Maximum Power
(Kw(PS)/rpm)
|
92 (125) / 6000
|
92 (125) / 6000
|
Maximum Torque (Nm/rpm)
|
170 at 1400 to
4500
|
170 at 1400 to
4500
|
Fuel
|
Gasoline
|
Gasoline
|
Fuel Supply System
|
Electronic
Injection
|
Electronic
Injection
|
Fuel Tank Capacity (L)
|
42.8
|
42.8
|
CHASSIS & SUSPENSION
|
||
CHASIS
& SUSPENSION
|
Ecoboost 1.0L MT
|
Ecoboost 1.0L AT
|
Tyre Size
|
195 / 50 R16
|
195 / 50 R16
|
Steering Type
|
Rack & Pinion with Electronic Power Assisted Steering
|
Rack & Pinion with Electronic Power Assisted Steering
|
Brake Type (Front)
|
Ventilated Disc
|
Ventilated Disc
|
Brake Type (Rear)
|
Drum
|
Drum
|
Suspension Type (Front)
|
Strut Type with
Coil Spring
|
Strut Type with
Coil Spring
|
Suspension Type (Rear)
|
Multi-link with Coil Spring
|
Multi-link with Coil Spring
|
Tires & Wheels
|
Alloy R 16
|
Alloy R 16
|
COMFORT & CONVENIENCE
|
||
COMFORT
& CONVENIENCE
|
Ecoboost 1.0L MT
|
Ecoboost 1.0L AT
|
Auto headlamps
|
Std
|
Std
|
Ecomode
|
Std
|
Std
|
Interior Color
|
Charcoal Black - Torino Leather/Quadro
|
Charcoal Black - Torino Leather/Quadro
|
Key with Integrated Keyless entry
|
Std
|
Std
|
MANUAL 2-way Passanger
Seat Adjuster
|
Std
|
Std
|
MANUAL 4-way Driver Seat Adjuster
|
Std
|
Std
|
Push Start Button
|
Std
|
Std
|
Rain Sensing Wiper
|
Std
|
Std
|
Rear Fog Lamps
|
Std
|
Std
|
Rear Parking Sensor
|
Std
|
Std
|
Seat Material
|
Part Leather
|
Part Leather
|
Steering Wheel Audio Control
|
Std
|
Std
|
SYNC
|
Std
|
Std
|
Air Conditioner
|
Electronic
Automatic Temperature Control
|
Electronic
Automatic Temperature Control
|
Power Window
|
Std
|
Std
|
Rear Seat System
|
Folding 60/40
|
Folding 60/40
|
Audio System
|
Audio with CD, USB, AUX Input, 6 Speakers, Dot Matrix Display
(3.5")
|
Audio with CD, USB, AUX Input, 6 Speakers, Dot Matrix Display
(3.5")
|
Voice Command
|
Std
|
Std
|
USB & Bluetooth
Connection
|
Std
|
Std
|
SAFETY & SECURITY
|
||
SAFETY
& SECURITY
|
Ecoboost 1.0L MT
|
Ecoboost 1.0L AT
|
3 points Seat Belts
|
Std
|
Std
|
Anti-lock Braking (ABS)
|
Std
|
Std
|
Child Door Lock
|
Std
|
Std
|
Dual Airbags
|
Std
|
Std
|
Electronic Brake Assist
|
Std
|
Std
|
Electronic Power Assist
Steering
|
Std
|
Std
|
Electronic Stability Control
|
-
|
Std
|
Engine Immobilizer
|
Std
|
Std
|
Hill Launch Assist
|
-
|
Std
|
Keyless Vehicle
|
Key with Integrated Keyless entry
|
Key with Integrated Keyless entry
|
Manual Parking Brakes
|
Std
|
Std
|
Rear Parking Sensor
|
Std
|
Std
|
Side Intrusion Door Beams
|
Std
|
Std
|
Towing Hook
|
Std
|
Std
|